Uncategorized

Anto Suroto: UKM dan IKM Ruang Usaha yang Seksi

Bagian 4

Keunggulan dari Scano Exotic Indonesia?

Saya contohkan produk Scano berbahan baku kulit buaya, kualitasnya pun bagus. Bahan kulit buaya ini saya dapatkan dari penangkaran buaya di Irian dan daerah lainnya. Sementara produk kreatif berbahan kulit Phyton, saya dapatkan dari daerah-daerah di Indonesia yang masih banyak memiliki hutan. Seperti di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Irian.

Untuk penggunaan kulit ular ini, Scano memiliki izin resmi dari pemerintah. Scano telah memegang sertifikat “CITES” (Convention International Trade In Endangerered Species of Wild Fauna and Flora), izin perdagangan antarnegara yang berkaitan dengan flora dan fauna. Artinya, penggunaan kulit binatang untuk industri tas ini dinyatakan tidak mengancam kelangsungan hidup binatang tersebut.

Bagaimana produk itu dipakai tahan lama?

Sebenarnya semua penyamaan standar kualitasnya bahan bakunya benar, produk itu awet. Banyak juga yang tidak awet karena penyamaannya itu tidak benar. Harusnya mememuhi tahap tujuh langkah, dia hanya melakukan lima langkah, jadi kurang dua langkah. Ini yang mengakibatkan produk itu cepat menguning, dan sebagainya. Ini yang kurang disikapi produsen.

Apakah produk Scano ini halal dipakai konsumen?

Halal. Tapi jika penyamaannya tidak benar, jadi haram. Karena ada najis. Karena itu, semua yang mengandung najis, seperti bau anyir dan sebagainya dibuang sehingga menjadi halal.

Bagaimana pertumbuhan UKM dan IKM hingga saat ini?

Pertumbuhannya tidak lebih dari 50 persen.  Apabila kita mau kreatif, tidak ada orang yang hidupnya susah. Apalagi mereka yang bergelut di UKM, sektor usaha ini bisa membantu perekonomian Indonesia. Faktanya, ketika terjadi krisis moneter tahun 1997, UKM bisa bertahan hingga sekarang. UKM bahkan IKM adalah ruang yang seksi. Seksi ini ngangenin. Jika hanya cantik saja, bisa ngebosenin.

Seksi ini luar biasa. Karena itu, sektor UKM dan IKM harus dimaintance dengan baik. UKM itu benda atau barang yang bisa kita otak atik menjadi hasil yang sangat maksimal. Yang tadinya biasa saja menjadi luar biasa. Itulah UKM itu ruang usaha yang sangat seksi.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close