POLITIK

Ini Draft Susunan Tim Kampanye Nasional Capres dan Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin

Jakarta,visioneernews-Dalam draft susunan Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Kerja pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin, selain ada nama sembilan ketua umum parpol pengusung, juga ada nama Jusuf Kalla untuk divisi Dewan Pengarah TKN.

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan dilaksanakan pada 17 April 2019.  Pilpres dilaksanakan serentak dengan Pemilihan Legislatif (Pileg). Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden. Pertama, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, kedua pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Masa kampanye capres dan cawapres akan dilaksanakan 23 September 2018-13 April 2019. Sementara masa tenang pada 14-16 April 2019, dan 17 April sudah dilakukan pemungutan suara.

Masing-masing pasangan bakal capres dan cawapres sudah memasang “kuda-kuda” dalam menghadapi Pemilu 2019. Salah satunya membentuk struktur tim pemenangan, selain merancang visi, misi, dan program sebagai calon presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Informasi yang didapatkan visioneernews.com pasangan bakal capres dan cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin sudah menyusun draft struktur tim pemenangan, yang dinamakan Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin. Draft penetapan struktur tim pemenangan ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 001/KPTS/JKW-MA/VIII/2018 tentang Penetapan dan Pengesahan Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja Pasangan Calon Presiden Ir. H. Joko Widodo dan Calon Wakil Presiden Prof. DR. (H.C) Ma’ruf Amin pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Hanya SK yang ditetapkan di Jakarta tanggal 19 Agustus 2018 itu belum ditandatangani Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Meskipun sudah ditulis kedua nama mereka di lembaran kedua draft itu untuk ruang tanda tangan.

Pada lampiran SK itu sudah terbentuk divisi-divisi Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja. Dimulai dari divisi Dewan Penasehat, ada nama Megawati Soekarnoputri, Airlangga Hartanto, A. Muhaimin Iskandar, Surya Paloh, M. Romahurmuizy, Oesman Sapta, Hary Tanoesoedibjo, Diaz Faisal Malik Hendropriyono, dan Grace Natalie. Kesembilan nama itu adalah ketua umum masing-masing partai politik pengusung pasangan Jokowi-Maruf Amin.

Untuk Dewan Pengarah, ada nama H.M. Jusuf Kalla, Try Sutrisno, Puan Maharani, Pramono Anung Wibowo, Sri Mulyani, Agung Laksono, Akbar Tanjung, Dimyati Rois, Siswono Yudo Husodo, Suharso Monoarfa, Sidarto Danusubroto, dan Laksamana TNI (Purn) Marsetyo.

Sementara itu, untuk posisi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) memang masih kosong, namun nama-nama wakil ketua sudah terisi. Mereka adalah Moeldoko, Lodewijk F. Paulus, Abdul Kadir Karding, Johnny G. Plate, Arsul Sani, Herry Lontung Siregar, Hajriyanto Y. Tohari, dan Eriko Sotarduga.

Sekretaris TKN tertera nama Hasto Kristiyanto, Bendahara TKN Sakti Wahyu Trenggono, Koordinator Pemenangan Pemilu Partai yaitu ex-officio Ketua Badan Pemenangan Pemilu Legislatif Partai Politik Koalisi Indonesia Kerja yang di antaranya diisi nama Bambang DH, Rully Chairul Azwar, Marwan Jafar, Effendi Choirie, Qoyum Abdul Jabbar, dan Gede Pasek Suardika.

Selanjutnya untuk Pengarah Tutorial diisi para kepala daerah dan wakil kepala daerah Koalisi Indonesia Kerja. Divisi Juru Bicara di antaranya ada nama Ahmad Basarah, Johan Budi, Abdul Kadir Karding, dan TB. Ace Hasan Syadily.

Kemudian untuk posisi Direktur Program yaitu Aria Bima; Direktur Konten, T.B Fiki Satari; Direktur Komunikasi Politik, Usman Kansong; Direktur Kominfo, Yadi Hendriyana; Direktur Kampanye, Benny Rhamdani; Direktur Penggalangan Pemilih, Muda G. Adi Kusuma; Direktur Penggalangan dan Jaringan, Noor Achmad; Direktur Logistik dan APK, Marsda TNI (Purn) Usra Hendra Harahap; Direktur Hukum dan Advokasi, Ade Irfan Pulungan; Direktur Saksi, Arif Wibowo; Direktur Relawan, Maman Imanul Haq; dan Penugasan Khusus dipimpin Nusyirwan Soejono. (Syarif)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close