INDONESIANA

Ini Reaksi Panglima TNI terhadap Aksi Babinsa Panjat Tiang Bendera

Jakarta,visioneernews-Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menyampaikan apresiasi kepada Serma Timbul Prawoto, anggota Babinsa Koramil 20/Cawas, Kodim 0723/Klaten Kodam IV/Diponegoro menyelamatkan tali bendera yang terlepas pada saat pelaksanaan upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI, pada Jumat (17/8/2018), di Lapangan Barepan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah menyampaikan bahwa awalnya pelaksanaan upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI berjalan lancar. Namun, saat petugas pengibar bendera mendekat ke arah tiang dan akan membentangkan bendera Merah Putih, cincin kait bagian atas yang sudah dikaitkan ke ujung bendera terlepas dan tertarik ke atas hingga naik sampai ujung tiang, praktis bendera Merah Putih tidak dapat dikibarkan.

Saat itu Serma Timbul Prawoto bertugas sebagai Perwira Upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI tahun 2018, dan berada di posisi yang tidak terlalu jauh dari tiang bendera.  “Melihat kejadian tersebut, secara spontan dia memanjat tiang bendera untuk meraih tali yang terlepas, sehingga pengibaran bendera Merah Putih dapat dilanjutkan,” kata Kapuspen TNI, M. Sabrar.

Serma Timbul Prawoto, anggota Babinsa Koramil 20/Cawas, Kodim 0723/Klaten Kodam IV/Diponegoro

Menurut Kapuspen TNI, apa yang dilakukan Serma Timbul Prawoto anggota Babinsa Koramil 20/Cawas dengan keberaniannya memanjat tiang bendera setinggi sembilan meter untuk meraih tali bendera yang terlepas pada saat Upacara Kemerdekaan RI, merupakan naluri seorang Prajurit TNI.

“Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan apresiasi dan terima kasih serta rasa bangga kepada Serma Timbul Prawoto. Itu merupakan naluri dan aksi heroik sebagai seorang Prajurit Tentara Nasional Indonesia,” katanya.

Ditambahkan, berkat kesigapan yang dilakukan Serma Timbul Prawoto, upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan HUT ke-73 RI dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan. “Tepat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya selesai, bendera Merah Putih pun bisa berkibar sampai di tiang tertinggi,” katanya. (Rif)

 

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close