FIGUR

Raden Emmy Ridarti Sumangkut: Saya Ingin Membantu Masyarakat

RADEN Emmy Ridarti Sumangkut, wanita keturunan dari Ibu Yogyakarta, Jawa Tengah, sementara Ayahnya asli Manado, Sulawesi Utara. Menikah dengan Chandra Tirta Wijaya yang asli Bengkulu. Suami istri ini sama–sama kader Partai Amanat Nasional (PAN). Keduanya menikah pada tahun 1998 dan telah dikaruniai 3 orang putri, Shania Myandra Savira 19 tahun, Charissa Myandra Amirah 17 tahun, dan si bungsu Tsabitta Myandra Chairunnisa 13 tahun.

Pada saat pemilu legislatif 2019, Emmy mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif DPRD tingkat I DKI Jakarta. Sementara, suaminya Chandra Tirta Wijaya selain menjadi Wasekjen dan Jurkamnas Tim Pemenangan Prabowo–Sandi juga menjadi calon anggota legislaif  PAN untuk DPR RI dapil Jawa Barat X Nomor Urut 2 (Kab/Kota: Banjarnegara, Ciamis, Kuningan, dan Pangandaran).

Raden Emmy Ridarti Sumangkut juga mencalonkan diri sebagai calon Anggota DPRD DKI Jakarta, dari Partai Amanat Nasional dengan daerah pemilihan 7 Jakarta Selatan yang meliputi: Kecamatan Kebayoran Lama, Pesanggrahan, Kebayoran Baru, Setiabudi, dan Cilndak. Terkait dengan pencalonan ini, apa saja motivasinya, visi- visi, dan apa yang dilakukannya jika dirinya terpilih sebagai anggota DPRD nanti. Berikut wawancaranya dengan visioneernews.com.  Petikannya :

Bisa Anda ceritakan  perjalanan singkat karier politik Anda?

Karier politik saya dimulai saat aktif di kepengurusan DPP PUAN (Perempuakn Amanat Nasional) tahun 2016. PUAN adalah organisasi di bawah Partai Amanat Nasional (PAN). Saat ini saya menduduki posisi sebagai Ketua Bidang Perluasan Jaringan dan Hubungan antar Lembaga.

Raden Emmy Ridarti Sumangkut aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan

Sejak kapan Anda tertarik dengan dunia politik?

Ketertarikan saya di dunia politik dimulai pada saat reformasi 1998. Saya aktif dalam demo– demo saat itu. Kemudian berlanjut pada saat mendampingi suami menjadi anggota DPR RI pada tahun 2009–2014, saat itu aktif di Persatuan Istri Anggota (PIA) DPR RI. Sejak itu, selama 5 tahun saya aktif keliling Indonesia turun ke setiap Daerah. Selain itu, sebagai aktivis partai, saya  aktif juga di berbagai komuntas politik di sosial media, baik itu whatsapp, telegram, twitter, maupun facebook.

Langkah ini saya lakukan untuk menyuarakan keprihatinan dan keberpihakan kepada rakyat di tengah kebuntuan dalam menyuarakan aspirasinya atau pendapat. Bahkan saya  sudah aktif sejak kampanye Pilpres 2004 Amin Rais–Siswono, Pilpres 2009 Megawati–Prabowo, Pilpres 2014 Prabowo–Hatta, Pilkada DKI Jakarta 2017  Anis–Sandi, dan sampai sekarang aktif di Kampanye Pilpres 2019 Prabowo- Sandi, dan Pileg sebagai caleg PAN untuk DPRD DKI Jakarta Dapil Jakarta Selatan 7 (Cilandak, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Pesanggrahan, dan Setiabudi).

Apa yang memotivasi Anda untuk terjun ke dunia politik?

Pertama, ingin menyuarakan aspirasi ataupun pendapat. Kedua, ingin membantu masyarakat dalam membuat suatu perubahan atas segala kebijakan pemerintah yang tidak prorakyat atau membantu pemerintah menjalankan kebijakan–kebijakannya yang pro-rakyat. Ketiga, mengedukasi masyarakat bahwa perempuan berpolitik itu adalah wajib. Politik itu bukan wilayah yang tabu bagi perempuan.

Populasi penduduk Indonesia lebih banyak perempuan daripada pria, sehingga keterwakilan perempuan di dalam perpolitikan Indonesia sudah selayaknya ada, dan seharusnya banyak. Keterwakilan perempuan di legislatif diharapkan akan membawa arah kebijakan–kebijakan yang lebih pro kepada perempuan ibu dan anak. Kenapa?  Karena perempuanlah yang lebih tahu semua kebutuhan perempuan.

Sebelum terjun ke politik, apa kegiatan Anda?

Pengusaha dan ibu rumah tangga. Selain itu saya juga aktif di organisasi–organisasi seperti, DPP PUAN sebagai Kabid Perluasan Jaringan Dan Hubungan Antar Lembaga, Wakil Ketua Umum 2 DPD IWAPI DKI Jakarta (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia), Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT), Ketua Bidang Lingkungan Hidup di DPP PPLIPI (Dewan Pengurus Pusat Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia), dan  Kepengurusan DPP Perempuan Peduli Keadilan. Selain itu, saya juga atif di berbagai komunitas-komunitas sosial seperti, Perempuan Cerdas (PEDAS) NKRI, Perempuan Peduli Keadilan, Srikandi untuk rakyat, Wise Women, dan Komunitas Gerakan Lakukan Aksi Sosial (GELAS).

Faktor apa yang menyebabkan Anda yakin bisa terpilih menjadi wakil rakyat?

Insya Allah saya amanah, jujur, bisa dipercaya, dan keberpihakan kepada rakyat dan ulama.

Apa saja program-program kerja yang akan Anda tawarkan, yang nyata membawa perubahan dan menjawab kebutuhan masyarakat?

Ada beberapa langkah atau program. Untuk bidang ekonomi saya fokus kepada, pertama, ketersediaannya lapangan pekerjaan untuk pemuda–pemudi yang saat ini sangat banyak jumlahnya, meliputi, penguatan sektor UMKM  (Usaha Mikro Kecil Menengah) di mana kita tahu bahwa sektor ini sangat membantu pada saat keterpurukan ekonomi di tahun 1998. Program–program penguatan UMKM itu saya lakukan, baik secara offline dan online digital marketing. Juga pada kebijakan–kebijakan yang lebih berpihak kepada masyarakat agar harga– harga kebutuhan pokok bisa terjangkau.

Kedua, program–program yang mendukung kesejahteraan ibu dan anak antara lain peningkatan pelayanan Posyandu dan Jumantik yang sudah ada. Membantu ibu–ibu untuk menunjang  ekonomi rumah tangganya dengan cara  meningkatkan pemberdayaan usaha dalam rumah tangga yang berkualitas. Membantu pengaksesan dan pelayanan pendidikan untuk ibu dan anak. Dan yang terpenting juga adalah membantu pengaksesan dan pelayanan kesehatan berkualitas untuk ibu dan anak.

Raden Emmy Ridarti Sumangkut ingin berjuang untuk masyarakat

Apa visi misi Anda, serta langkah atau strategi apa yang akan Anda lakukan untuk menarik hati masyarakat konstituen?

Mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera, demokratis dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang di Ridhoi Allah SWT. Misinya, menjadi anggota legislatif yang jujur dan amanah. Menjadi anggota legislatif yang mendahulukan kepentingan rakyat.  Menjadi anggota legislatif yang dekat dan membela rakyat dan ulama. Ikut mewujudkan Indonesia baru yang bersatu, demokratis, adil, makmur, mandiri dan bermartabat. Ikut mewujudkan tata pemerintahan Indonesia yang bersih, baik, dan melindungi segenap bangsa Indonesia serta seluruh tumpah darahnya, hingga memajukan kesejahteraan dan kecerdasan kehidupan masyarakatnya.

Apa arti keluarga bagi Anda?

Keluarga bagi saya adalah tempat cinta kasih dan dukungan yang paling utama. Keluarga adalah pusat keberadaan saya di dunia, permata yang paling berharga bagi saya. Dalam keluargalah kasih sayang, cinta dan kebersamaan saya dapati dan saya rasakan tanpa beban dan pamrih. Keluarga bagi saya juga adalah sumber kekuatan, sumber inspirasi, motivasi untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

BIODATA:

Nama          : Raden Emmy Ridarti Sumangkut

TTL               : Selatpanjang 30 Mai 1968

Hobby        : Memasak, Jalan – jalan

Pekerjaan: Owner of EMYCO Fashion, dan owner of ASNARAMI Butique

Suami         : Chandra Tirta Wijaya.

Pekerjaan: Pengusaha.

Anak           :

  1. Shania Myandra Savira (19 tahun), kuliah di Westminster London, UK, Semester V.
  1. Charissa Myandra Amirah (17 tahun), Grade 12 (SMA kelas 3).
  1. Tsabitta Myandra Chairunnisa (13 tahun), Grade 8 (SMP kelas 2).

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close